Kurikula Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021

KONTRIBUSI PESANTREN AL-MUJADDADIYYAH DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA DEMANGAN KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN

zuhdi syukron (institut Agama Islam Ngawi)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pesantren seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan proses perubahan sosial. Sehingga memberikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa pendidikan yang ada dalam pesantren tersebut benar-benar sebagai media pengkaderan pemikir-pemikir agama, serta mampu mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendidikan Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (2) Bagaimana pengembangan sumber daya manusia dan hasilnya di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan mengguanakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa : (a) Pendidikan di Pesantren Al-Mujaddadiyyah sudah adanya keseimbangan antara pendidikan umum formal yaitu MTs Al-Mujaddadiyyah, MA Al-Mujaddadiyyah, SMK Kimia Al-Mujaddadiyyah  dan pendidikan agama yaitu Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah. (b) Pengembangan sumber daya manusia di Pesantren Al-Mujaddadiyyah yaitu melalui pendidikan skill  santri seperti dalam kegiatan pertanian, peternakan dan home industry. Hasilnya dari pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan kemampuan soft skill santri dan melatih santri terampil dalam bekerja serta menambah kebutuhan finansial.  (c) Faktor pendukung pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah terlaksana atas dukungan kebijakan Kyai dibantu para Ustadz, sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan masyarakat yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang belum trampil, alokasi waktu yang kurang dan manajemen yang belum maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kurikula

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kurikula : Jurnal Pendidikan (ISSN : 2548-6063 - E-ISSN : 2746-4903) is a peer-reviewed journal on education in the Muslim world. This journal is published by the Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. Editors welcome scholars, researchers, and practitioners of education around the world ...