Jurnal Aplikasi Bisnis dan Komputer


APLIKASI HELPDESK TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS WEBSITE

Muhammad Suhendra (Unknown)
Halimah Tus Sadiah (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Perusahaan yang berkembang didalam bidang retail waralaba sangat dibutuhkan suatu layanan complain online untuk wadah komunikasi antara toko dan kantor bila terjadi masalah pada toko. Dan layanan complain online tersebut sudah ada dan diberikan tanggung jawab ke department EDP (electronic data processing) untuk menyelesaikan complain tersebut. Namun, pada perusahaan peneliti belum tersedia layanan complain online antar departemen. Sistem complain yang sedang berjalan hanya menggunakan 1 telfon kantor untuk menghubungi IT Support bila terjadi masalah jaringan/komputer. Hal ini tentu menjadi hambatan bila terjadi complain dari beberapa department dalam satu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi helpdesk teknologi informasi berbasis website. Metode Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang tahapannya terdiri atas analisis kebutuhan fungsional, perancangan, implementasi dan pengujian. Penelitian ini menghasilkan produk berbasis website yang memiliki fitur pengelolaan complain, fitur rate penilaian karyawan menggunakan SLA dan fitur laporan complain. Aplikasi ini telah diuji menggunakan blackbox testing dengan nilai skor uji adalah 100%.  Aplikasi ini telah  berjalan sesuai dengan output yang diharapkan.

Copyrights © 2021