Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

PEMEROLEHAN PENGETAHUAN MATEMATIKA BAGI SISWA AUTIS PADA PERMULAAN BANGKU SEKOLAH

Kamid , W (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2012

Abstract

Pertumbuhan anak autis di Indonesia dewasa ini sangat cepat, sehingga pelayanan pendidikan yang diharapkan oleh orang tua belum bisa terpenuhidengan baik. Akibatnya  anak-anak autis mengikuti pendidikan di sekolah reguler yang tidak memberikan perhatian secara khusus pada semua anak didiknya. Matematika telah diperkenalkan secara resmi pada anak didik di awal sekolahnya demikian juga dengan anak autis di dalamnya. Hasil pengamatan di lapangan dan wawancara diperoleh bahwa anak-anak autis mampu memahami dengan baik tentang keruangan atau kemampuan spatial dan juga kemampuan sekuensial. Pengetahuan matematika muncul ketika anak autis mengerjakan sesuatu dengan aktivitas fisik, seperti menyusun blok puzle dan mengurutkan benda sesuai ukuran. Anak-anak autis juga dapat memperoleh pengetahuan matematika walaupun sangat terbatas. Proses pemerolehan pengetahuan matematika dapat dilakukan melalui drill. Pengetahuan ini akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan umur dan keterampilan pengetahuan yang diberikan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...