Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Smp Berdasarkan Gender)

Kamid W Sitas (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2013

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa sekolah menengah pertama berdasarkan perbedaan gender dalam menyelesaikan soal matematika. Pengambilan data pada penelitian kualitatif deskriftif ini dilakukan dengan wawancara berbantuan lembar tugas. Untuk mendapatkan proses metakognisi digunakan rekaman hasil wawancara yang mengarah pada pertanyaan langkah-langkah penyelesaian soal berdasarkan langkah-langkah Polya (1973). Hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam menggunakan struktur atau kemampuan yang sudah dimilikinya untuk menyelesaikan soal matematika yang dihadapi. Akan tetapi terdapat perbedaan prosedur pada langkah memahami dan melaksanakan pemecahan soal. Sedangkan langkah merencanakan dan melihat kembali tidak terdapat perbedaan dalam prosedur maupun konsep. Kata kunci: metakognisi, soal matematika, gender

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...