Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2018): Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika (Oktober 2018)

Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Koordinat Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMP

Putu Bayu Wijaya (Undiksha)
Made Candiasa (Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)
Pasek Suryawan (Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) membuat rancang bangun media pembelajaran sistem koordinat berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII; (2) mendeskripsikan hasil implementasi media pembelajaran sistem koordinat berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII; dan 3) mengetahui keterpakaian media pembelajaran sistem koordinat berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan, evaluation). Uji coba produk yang dilakukan terbatas sampaivalid dan praktis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterima sebagai media pembelajaran dengan rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,5 dengan kriteria sangat valid, dan rata-rata skor dari ahli materi sebesar 4,4 dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki kebermanfaatan yang baik bagi guru dan siswa dengan rata-rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,5 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis angket respon siswa sebesar 4,6 dengan kriteria sangat tinggi.Kata Kunci: ADDIE, lectora inspire, media pembelajaran, praktis,sistem koordinat, valid. This research is a development research that aims to: (1) make the design of learning medium coordinate system based on Lectora Inspire with scientific approach for SMP class VIII; (2) to describe the result of implementation of learning medium coordinate system based on Lectora Inspire with scientific approach for SMP class VIII; and 3) to know the application of learning medium on Lectora Inspire based coordinate system with scientific approach for SMP class VIII. The development model used is the ADDIE (analysis, design, develop, implementation, and evaluation). Product trials are limited to valid and practical, while the data analysis techniques used are qualitative data analysis techniques and quantitative descriptive. The results showed that the developed learning medium can be accepted as a medium of learning with the average score of a media expert of 4.5 with very valid criteria, and the average score of the material experts of 4.4 with very valid criteria. learning medium developed got excellent response and have good usability for teachers and students with the average score of practicality of learning medium based on teacher questionnaire responses analysis of 4.5 with very high criteria and student response questionnaire analysis of 4.6 with criteria very high.Keywords: ADDIE, coordinate system,learning medium, lectora inspire, practical,valid.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...