Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2019): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika (April 2019)

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender

Tonnie Hari Nugraha (SMPN 1 Cikulur)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas IX di SMPN 1 Cikulur. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan setiap aspek kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa: 1) kemampuan komunikasi matematis secara keseluruhan, siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki; 2) bagi siswa perempuan, aspek menggambar lebih tinggi dibandingkan dengan aspek ekspresi matematika dan aspek menulis; 3) bagi siswa laki-laki, aspek menulis lebih tinggi dibandingkan dengan aspek menggambar dan ekspresi matematika; 4) pada aspek menggambar (drawing), siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki; 5) pada aspek ekspresi matematika (mathematical expression), siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki dan 6) pada aspek menulis (written texts), siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...