Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KREATIVITAS METAKOGNISI MAHASISWA BERDASAR ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN APLIKASI KONSEP KALKULUS

Kamid Kamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Metakognisi adalah kesadaran individu tentang hasil pemikirannya. Penting bagi pendidik untuk mengetahui hal ini, agar dapat diberikan stimulus sesuai dengan kadar intelektualitasnya. Kreativitas metakognisi merupakan kesadaran individu tentang prosedur-prosedur metakognisi terhadap kebaruan dan kompleksitanya. Hal ini dapat diungkap dari perilaku yang ditampilkan dan ucapan yang disuarakan. Penelitian kualitatif eksploratif ini mengungkap kreativitas metakognisi dari mahasiswa berdasarkan Advesity Quoitient (AQ) yang bertipe climber. dalam menyelesaikan masalah benda bergerak. Eksplorasi dilakukan pada seorang subjek dengan think alouds dan wawancara. Kredibilatas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan karakteristik climber dalam AQ menunjukkan bahwa subjek selalu dapat memberikan alasan pada langkah dan algoritma yang dilakukan. Prosedur aritmatika, digunakan dengan merespon prosedur dan memikirkan keakuratan nilai dan operasi yang digunakan. Subjek dapat memberi alasan ketika hasil perhitungan diluar kebiasaan yang terjadi dikehidupannya.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...