Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2022): Maret| Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra|

Penerapan Metode Discovery Learning pada Materi Menulis Teks Negosiasi Melalui Media Gambar di SMA Negeri 1 Peusangan 

Selli Sahfitri (universitas almuslim)
Alfi Syahrin (Universitas Almuslim)
Ezmar Ezmar (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan metode DiscoveryLearning pada materi menulis teks negosiasi melalui media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode discoverylearning pada materi menulis teks negosiasi melalui media gambar terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Peusangan tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah siswa 102 orang. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sedangkan jenis penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode discoverylearning pada materi menulis teks negosiasi melalui media gambar siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis diperolehyaitu 3,82 > 1,68 maka hipotesis ditolak, dan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learningsangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks negosiasi melalui media gambar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...