Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 1 No. 2 Juli 2020

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MAN 2 PALEMBANG

Mutma Inna Ilmi (Unknown)
Doni Samaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh pengunaan model CPS (creative problem solving) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik pada siswa kelas XI MAN 2 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas XI MAN 2 Palembang dengan jumlah 250 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas XI MIA 2 danĀ  XI MIA 3. Pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis. Analisis data dihitung menggunakan komputer program SPSS versi 22.0. Berdasarkan analisis hasil yang didapatkan adalah t hitung yaitu 15,097 lebih besar bila dibandingkan dengan t table yang sebesar 2,002. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest menulis teks eksplanasi pada siswa kelas eksperimen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model CPS lebih berpengaruh dibandingkan dengan metode saintifik pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Palembang.Kata Kunci:menulis creatif problem solving (cps), teks eksplanasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...