Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 3 No. 2 Juli 2022

PENGGUNAAN MEDIA PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENGUBAH TEKS CERPEN MENJADI TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Alpa Ulandari (Unknown)
Nurulanningsih Nurulanningsih (Unknown)
Nurchalidin Nurchalidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media podcast terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 500 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah kelas yang ada dalam penelitian ini berjumlah 10 kelas, kemudian dipilih dua kelas untuk dijadikan kelas control dan kelas eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa yakni siswa kelas MIA-5 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media konvensional dan disebut sebagai kelas kontrol. Kelas MIA-4 yang berjumlah 40 siswa menggunakan media Podcast dan disebut sebagai kelas eksperimen. Hasil pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 61,50 dan pada kelas eksperimen adalah 64,75. Pada saat pelaksanaan posttest, nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 67,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 75,38. Pada perhitungan Uji Paired-Sample, menunjukan mean pretest dan posttes kelas eksperimen adalah 10,625. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil nilai t hitung sebesar 3,645 dan jika dibandingkan dengan tabel kisaran 78 dengan taraf signifikasi 0,5 yaitu sebesar 1,665, jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media podcast berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang.Kata kunci: podcast, teks cerpen, teks drama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...