Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write dalam menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang tahun 2020/2021 sebanyak 290 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes menulis teks negosiasi dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan Program SPSS versi 25,0. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 55,98 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,20. Selanjutnya, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 65,25 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 72,55. Hipotesis penelitian, yaitu signifikan karena t-test 0,00 < 0,05 dan derajat kebebasan untuk t-tabel 78 adalah 1,66 dan hasil dari nilai t-hitung adalah 4.132 yang lebih besar dari nilai t-tabel 78, yaitu 1,66. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write lebih berpengaruh dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Kata Kunci: teks negosiasi, think talk write.
Copyrights © 2022