Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai didaktis dalam film Keluarga Somadn relevansinya terhadap pengajaran sastra di SMA Trisakti Baturaja, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. SumberĀ  data dalam penelitian ini adalah film Keluarga Somad episode hari kartini karya anak bangsa diproduksi oleh PT. Animasi Kartun Indonesia pada tahun 2004. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, serta menggunakan teknik penganalisisan data yang berupa teknik analisis karya. Pada penelitian ini menunjukan adanya nilai didaktis yang terkandung pada film Keluarga Somad episode Hari Kartini yang terdiri dari nilai kesusilaan/budi pekerti, kecerdasan, sosial, agama, kemandirian, kesabaran. Hasil penelitian film Keluarga Somad episode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran materi teks memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/drama baik lisan maupun tulisan di tingkat SMA karena terdapat kesesuaian dengan Kompetensi Dasar (KD). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa film Keluarga Somadpisode Hari Kartini dapat dijadikan alternatif bahan ajar materi memahami, membandingkan, menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi teks film/ drama baik lisan maupun tulisanĀ Kata kunci: nilai didaktis, film, pembelajaran sastra
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022