Perkembangan dalam bidang pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemajuan Teknologi Informasi, tidak lagi sekedar mencakup sebagai media komunikasi namun juga sebagai pusat informasi, maanfaat dari hadirnya teknologi informasi sangat dirasakan dimasa COVID-19, terutama dalam bidang pendidikan, dimana sistem pembelajaran konvensional harus diubah menjadi e-learning atau pembelajaran daring, guna memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19. Media pembelajaran daring yaitu melalui Whatsapp grup, Zoom, Google Classroom, Microsoft Team, Google Meet, dan sebagainya, semua media tersebut merupakan paduan dari perkembangan Teknologi dan Informasi yang akhirnya dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisa apakah dengan peranan teknologi informasi terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dimasa COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus sehingga data yang dipaparkan mudah diapahami. Data yang dianalisa berasal dari website, jurnal, dan melakukan analisa berdasarkan pola pelaku tenaga didik dan peserta didik dalam menjalankan e-learning dengan memanfaatkan media sosial sebagai media wawancara. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat diungkapkan bahwa (1)Teknologi informasi mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran terutama di masa COVID-19, (2)Kelebihan, kekurangan serta kendala yang ditemukan dalam penggunaan media teknologi informasi sebagai solusi media pembelajaran, (3)penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2020