Journals of Economics and Business
Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021

PERAN CELEBRITY ENDORSER DAN EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI PADA MINAT BELI ( Survei pada konsumen situs belanja online shopee)

agung gunawan (Universitas Teknokrat Indonesia)
Dian Novita (Universitas Teknokrat Indonesia)
Angga Febrian (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Celebrity endorser dan efektivitas iklan merupakan salah bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan baik secara offline atau online untuk menarik perhatian minat konumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari 280 responden yang pernah menggunakan shopee dan memahami peran celebrity endorser. SPSS 16.0 digunakan dalam teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linier beganda dan uji t, untuk melihat pengaruh celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) dan efektivas iklan dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) pada minat beli. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa dukungan celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) mempengaruhi minat beli konsumen jika celebrity yang digunakan sesuai dengan produk yang diiklankan dan evektivitas iklan pada dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) mempunyai pengaruh terhadap minat beli, dimana semakin tinggi evektivitas iklan di televisi semakin tinggi pula minat beli konsumen. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain selain celebrity endorser dan efektivitas iklan pada minat beli.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEB

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journals of Economics and Business (JEB) is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia (P-ISSN: 2962-6498, E-ISSN : 2962-6420). The scopes of this journal include the following topic areas : 1. Financial Management ( Financial Technology, ...