Pelayanan prima merupakan elemen kunci di rumah sakit dan unit kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk menyediakan layanan kesehatan yang memenuhi standar layanan optimal. Pasien merasa bahwa hanya rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan medis sebagai upaya penyembuhan dan pemulihan untuk rasa sakit yang diderita (Alam, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan kualitas asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Kartini Kabupaten Lampung Tengah Kabupaten Kalirejo 2015. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah popolasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang mengunjungi rumah sakit Kartini Kalirejo Lampung Tengah waktu penelitian dan diperoleh sebanyak 68 pasien. Analisis data bivariat menggunakan uji Korelasi Rank Spearman. Hasil uji statistik chi square diperoleh nilai p = 0,010 kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di rumah sakit umum Kartini Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan RSU Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah perlu mengembangkan sistem informasi manajemen rumah sakit untuk kemudahan pelayanan dan evaluasi cepat kebutuhan akan layanan rumah sakit.
Copyrights © 2017