Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi)
Vol 2 No 2 (2019): Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, dan Akuntansi)

Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto)

David Kristian Paath (Unknown)
Ria Manurung (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2019

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor kecenderungan pengguna layanan transaksi digital terhadap Financial Technology (Fintech) dengan Model E-Money Go-Pay di Purwokerto. Data primer dikumpulkan dengan metode angket (kuisioner) dan wawancara (interview) dari responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara nonprobabilitas (nonacak) berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dan dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang dihimpun sebanyak 518 responden dari 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu Kecamatan Purwokerto Selatan, Barat, Timur dan Utara dengan ketentuan bahwa responden adalah pengguna Go-Pay di Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu masyarakat kota Purwokerto telah banyak menggunakan E-Money Go-Pay dalam melaksanakan aktivitas hariannya terutama dalam hal bertransaksi secara digital. Terdapat hubungan model pembayaran, durasi pemakaian FinTech E-Money Go-Pay di kota Purwokerto, jumlah karakteristik responden sebagai pengguna dengan Useability, Reliability, Functionality, Efficiency dari fitur FinTech E-Money Go-Pay.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-hummansi

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu humaniora, manajemen dan akuntansi. Berdasarkan SK Ketua STIKOM Yos Sudarso No.18/STIKOM-YOS/KP/VI/2018 dan Surat Kepala Pusat Nasional ISSN PDII LIPI No. 0005.26231069/Jl.3.1/SK.ISSN/2018.09 ...