Pembelajaran jarak jauh (PJJ) meski secara sederhana sudah mulai sangatdiperlukan pada masa pandemi Covid-19 yang dimulai Maret 2020 lalu.Diharapkan selain teknologi ini merupakan tantangan guru dalam peningkatankreativitas mengajar sebagai inovator pembelajaran dalam pengelolaan prosespembelajaran mata pelajaran fisika dan juga peningkatan hasil belajar danaktivitas siswa kelas X MIPA 2 di SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal, jugaorang tua dapat mengetahui perkembangan siswa dimanapun mereka berada dankapanpun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan danprestasi belajar fisika dengan pendekatan kooperatif tutor secara jarak jauh(Pembelajaran Jarak Jauh) meskipun di bulan Januari dan Pebruari sempatdilakukan secara tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA2 Semester 2 Tahun 2019/2020 SMAN 1 Rowosari yang berjumlah 32 pesertadidik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,angket dan ulangan harian. Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelashasil belajar siswa sebesar 63,5, dan jumlah siswa tuntas masih 78,12%.Siklus IIindikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85,52%, dan aktivitas siswa dalampembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaranmengalami peningkatan karena siswa merasa senang dan tertarik denganpembelajaran yang diterapkan guru. Lembar observasi guru menunjukkan gurusudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materiyang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapanpembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasilrefleksi, guru sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan cukup baikdan semua indikator sudah tercapai pada siklus II. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkanbahwa keaktifan peserta didik meningkat dari 74% manjadi 84,5% . Hasil prestasibelajar meningkat dari rata-rata prestasi belajar 63,5 menjadi 68,8 dan pesertadidik yang tuntas atau mencapai KKM dari 78,12% menjadi 84,5%. Oleh karenaitu, guru fisika diharapkan menerapkan pendekatan kooperatif tutor denganmemaksimalkan komunikasi personal sehingga tujuan pembelajaran tercapaisecara optimal. Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh
Copyrights © 2020