Jurnal Egaliter
Vol 5, No 9 (2021): Jurnal Egaliter Vol.5 No.9 Oktober 2021

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019




Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Biologi pada KD sistem pencernaan, selain itu proses pembelajaran yang terjadikurang menarik dan tidak menyenangkan hal itu ditandai dengan rendahnyakedisiplinan , tanggung jawab serta kerja sama siswa, maka rumusan masalahadalah: 1) bagaimanakah proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?,2) seberapa banyak peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?, 3) bagaimanakah perubahan prilaku siswa setelah belajar sistem pencernaanmenggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD)bagi siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran2018/2019? Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini meliputi: 1)mengetahui proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 2) mengetahuibanyaknya peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 3) mngetahui perubahanperilaku siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran2018/2019 setelah belajar sistem pencernaan menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions(STAD) Metode penelitian yang digunakan adalah PTK terdiri dari dua siklus, tiapsiklus terdiri dari 2 pertemuan, tiap pertemuan @ 2 x 45 menit, dengan tahapanmeliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari dengan jumlah 24siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Setelah dilaksanakan tindakan 2 siklus menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions(STAD) bagi siswa kelas XIIPA 1 SMANRowosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh hasil sebagai berikut:1) proses peningkatkan prestasi belajarsistem pencernaan menjadi menarik danmenyenangkan, 2) peningkatan prestasi belajar sistem penvernaanpada siklus 1yang tuntas 19 siswa (79,17%) meningkat menjadi 23 siswa (96,3%) pada siklus 2,3) perubahan perilakudisiplin dari siklus 1 ke siklus 2 jumlahnya meningkatsebanyak 5,00%, mau bekerja sama meningkat 5,83%, danjumlah siswa yangbertanggung jawab meningkat sebesar3,33%..Kata Kunci :Student Teams Achievement Divisions (STAD), Prestasi Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

egr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses ...