Banyaknya universitas - universitas swasta di Semarang membuat Universitas Pandanaran perlu melakukan usaha lebih agar calon mahasiswamenaruh perhatiannya pada Universitas Pandanaran Semarang. Persaingankampus swasta sangat umum terjadi karena selain pentingnya dunia pendidikansetelah sekolah menengah atas hal yang diperhatikan adalah minat dan bakattersendiri dari calon mahasiswa. Dengan banyaknya pilihan program studi dandidukung dengan fasilitas - fasilitias yang cukup memadai, UniversitasPandanaran Semarang bisa disebut layak untuk menjadi pertimbangan dalammenentukan kampus untuk melanjutkan pendidikan. Selama proses pendaftaran,Universitas Pandanaran melakukan berbagai macam promosi. Dengan adanyapromosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.Dalam produk yang dimaksudkan dijual disini adalah Program Studi diUniversitas Pandanaran untuk calon mahasiswa baru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa responden menyatakansangat setuju terhadap keputusan memilih Universitas Pandanaran sebagaikampus lanjutannya. Hal ini ditunjukan dengan adanya data sebanyak 60responden (60%) berada pada keputusan sangat tinggi dan sebanyak 40 responden (40%) berada pada hasil tinggi dalam perhitungan akhir. Demikian juga denganhasil perhitungan pada peran promosi, hasil penelitian menunjukan sebagianresponden menyatakan sangat setuju dengan promosi tersebut. Ditunjukan denganadanya data sebanyak 60 responden (60%) berada pada hasil yang sangat tinggidan sebanyak 40 responden (40%) berada pada hasil tinggi. Adapun hasilperhitungan masalah promosi yang berdampak pada keputusan memilih calonmahasiswa baru berada pada titik sebanyak 60 responden (60%) menyatakansangat setuju, hal ini menunjukan adanya hubungan yang besar antara promosidengan keputusan memilih calon mahasiswa baru di Universitas Pandanaran.Kata Kunci: Promosi, Keputusan, Memilih
Copyrights © 2020