Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan akan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukanPerguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Pandanaran, karena masyarakat adalahkonsumen dari produk layanan yang dihasilkan. Ukuran keberhasilanpenyelenggara pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan dalamhal ini adalah knowledge tentang Covid-19 dan cara pencegahan sertamemproduksi produk yang diharapkan bisa mengantisipasi virus meluas.Kepuasan masyarakat Kelurahan Tembalang yang berada di sekitar kampusUnpand disinyalir dari peran PR yang melekat pada Civitas akademika kampus.Dengan demikian, peran Public Relations pada civitas akademika sebagaijembatan komunikasi sangat diperlukan karena pelayanan baik yang dicapai akanberimbas pula pada aktivitas ilmiah kemasyarakatan dapat terlaksana denganefektif dengan impact positif yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan peran public relationscivitas akademika Universitas Pandanaran maka terdapat beberapa kesimpulanyaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations civitasakademika Universitas Pandanaran pada sosialisasi pencegahan covid-19 , hal inidibuktikan dari hasil penelitian sebesar 82%. Sedangkan sosialisasi pencegahancovid-10 pada masyarakat sekitar kampus Universitas Pandanaran juga cenderungtinggi yaitu sebesar 81%. Hal ini kebanyakan diawali juga dengan kecemasanmasyarakat akan banyaknya korban akibat Covid, sehingga mereka sangat respekpada kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh civitas akademika Unpand. Hasilakhir dari tabulasi silang adalah bahwa ada hubungan positif antara peran publicrelations civitas akademika Universitas Pandanaran pada Sosialisasi PencegahanCovid-19 pada masyarakat sekitar kampus Unpand. Hal ini dibuktikan dari tabeltabulasi silang yang menyampaikan bahwa kategorisasi variabel X tinggi makavariabel Y juga tinggi sebesar 68 %. Kata Kunci : Efektifitas, Peran, Public Relations, Sosialisasi, Pencegahan,Covid-19
Copyrights © 2020