Berdasarkan identifikasi masalah hasil belajar awal siswa kelas XII IPA 1SMA N 1 Rowosari pada kompetensi dasar pengaruh globalisasi terhadapkehidupan bangsa dan negara , rata-rata nilai yang dicapai hanya 68,1. Berbagaihal telah diusahakan untuk menyajikan materi namun hasilnya kurangmemuaskan. Untuk itu peneliti mencari perbaikan pembelajaran denganmenggunakan pendekatan model belajar problem based learning . Penelitian inidilaksanakan dalam tiga tahap yaitu Pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2, dalammenggunakan 4 tahapan tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkanprestasi belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan model belajar problembased learning. Dalam pembelajaran ini satu kelas dibagi 5 kelompok secara acak dengandihadapkan pada permasalahan dalam kenyataan sehari-hari. Desain penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Sumber databerasal dari aktivitas pembelajaran siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1Rowosari dengan penerapan model belajar problem based learning. Pengumpulandata dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, dokumen atau arsip. Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, diperolehhasil analisis pada ulangan pra-siklus jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah13 siswa atau mencapai 56%, pada siklus-1 diperoleh jumlah siswa yang berhasil(tuntas) adalah 18 siswa atau mencapai 75%, dan pada pada siklus ke-2 jumlahsiswa yang berhasil (tuntas) adalah 22 siswa atau mencapai 91,69%. Hasil daritiap siklus menunjukkan peningkatan dari tiap siklusnya. Berdasarkan hasilanalisis diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarkhususnya pada kompetensi dasar pengaruh globalisasi terhadap kehidupanbangsa dan negara pada siswa XII IPA 1 SMA Negeri 1 Rowosari tahun pelajaran2018-2019.Kata Kunci : Problem Base Learning, peningkatan hasil belajar
Copyrights © 2020