Pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru sebagai inovatorpembelajaran dalam pengelolaan proses pembelajaran mata pelajaran ekonomidan juga peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMA N 1 RowosariKabupaten Kendal sangat diperlukan sebagai respons semakin melemahnyakualitas belajar siswa dan kinerja siswa rendah, baik proses maupun produkbelajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkandata dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif.Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dansetting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus. Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelas hasilbelajar siswa sebesar 66,59, dan jumlah siswa tuntas masih 78,85%.Siklus II indikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85%, dan aktivitassiswa dalam pembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatankarena siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran yang diterapkanguru. Lembar observasi guru menunjukkan guru sudah melakukan pembelajarandengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materi yang disampaikan dapatdipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapan pembelajaran sesuai denganyang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasil refleksi, guru sudahmelaksanakan pembelajaran on-line/daring dengan cukup baik dan semuaindikator sudah tercapai pada siklus II. . Kata kunci : Hasil belajar, Kreativitas, Pembelajaran On-Line
Copyrights © 2020