Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan
Vol. 4 No. 9 (2022): Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan

Pengaruh karakteristik syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening

Hidayanti, Sayfi (Unknown)
Nasrifah, Maula (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan kepada nasabah BSI KCP Probolinggo Sudirman baik nasabah pendanaan maupun pembiayaan sebanyak 2.768 nasabah. Jumlah sampel ditetapkan menggunakan rumus slovin dengan margin of error atau batas kesalahan yang mungkin terjadi sebesar 10% sehingga dari rumus tersebut dibutuhkan sebanyak 97 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan sampel yang diambil menggunakan purposive random sampling. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian yang digunakan ialah path analysis atau analisis jalur dengan bantuan alat analisis SPSS versi 25. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara tidak langsung karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing melalui kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh karakteristik Syariah marketing dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di BSI KCP Probolinggo Sudirman dengan kepuasan sebagai variabel intervening dapat diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fairvalue

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Aim of this Fair Value : jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan is the media for scientific studies resulting from research, thoughts and critical-analysis studies on accounting, financial, Cooperative and SMEs issues in Indonesia and southeast asia especially and also in the world. The intended ...