Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era
Vol 1 No 1 (2021): Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era

KONVERGENSI DAN DIVERGENSI KOMUNIKASI DALAM NEW MEDIA

Dony Rano Virdaus (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2021

Abstract

Perkembangan media komunikasi saat ini mempengaruhi inovasi media pembelajaran. Model media pembelajaran yang cenderung menggunakan komunikasi linier saat ini bergeser pada komunikasi yang rasional. Hal ini sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran berkualitas dan efektif dengan pendekatan komunikasi konvergen.Model pendekatkan komunikasi konvergen ini memiliki ciri pelaksanaan belajar secara berkesinambungan dan memanfaatkan jejaring (network), serta berpijak pada kaidah kolektivitas untuk memperoleh saling pemahaman (mutual understanding). Internet merupakan media baru yang memberikan ruang untuk melakukan interaksi dengan siapa pun pengguna internet lainnya dalam jenis media tertentu.Google Classroom adalah media baru yang memberikan ruang penggunanya berinteraksi dengan pengguna beridentitas atau anonim. Hal ini menjadi konterversi di Google Classroom berkaitan kasus keaktifan sosial komunikasi dalam pembelajaran. Kasus tersebut menunjukkan menjauhnya komunikasi dari konvergensi yang positif bahkan menjadi divergensi.Fenomena terjadinya konvergensi dan divergensi dalam Google Classroom sesuai dengan teori Determinisme Teknologi dari Marshal McLuhan yang menyebutkan perubahan dengan bermacam cara berkomunikasi akan membentuk keberadaan manusia, teknologi membentuk individu cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat, dan mengarahkan untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Produksi pesan menggunakan Message Design Logicdari Barbara J. O’Keefe mengenai pesan expressive, conventional, dan rhetorical yang membentuk konvergensi dan divergensi dalam penyusunan pesan di google classroom.Penelitian ini merupakan studi pesan dan komunikator yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikator menunjukkan identitas material, mengetahui jenis pesan mengarah pada konvergensi dan divergensi, serta bagaimana komunikator menyusun pesan. Subjek penelitian adalah mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif dengan postingan mereka di bulan Januari –April 2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif melalui dua tahapan yaitu melakukan teknik analisis isi kualitatif pada level teks. Kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan tentang bagaimana identitas material komunikator dalam Google Classroom, tema pesan dalam Google Classroom, produksi pesan yang dibentuk oleh komunikator yang menunjukkan pada konvergensi dan divergensi komunikasi pada mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif. Kata kunci: Konvergensi Komunikasi, Divergensi Komunikasi, New Media

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ficosis

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era adalah Prosiding untuk memberikan ruang dialog dan pengembangan pemikiran dalam rangka merumuskan isu-isu, perspektif-perspektif, dan metodologi baru dalam rangka mengembangkan keilmuan di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan ...