Salah satu yang menjadi kunci kesuksesan dalam penyiaran agama Islam di era digital pasca pandemi adalah efektivitas media dakwah Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dakwah Islam melalui Youtube dan Spotify terhadap minat belajar agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo semester 2 Tahun Akademik 2021/2022. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Islam melalui Youtube dapat meningkatkan minat belajar agama lebih signifikan daripada dakwah Islam melalui Spotify. Hal ini dikarenakan pada dakwah Islam melalui Youtube, mahasiswa tidak hanya dapat mendengarkan materi dakwahnya tetapi juga bisa melihat secara visual keadaan pendakwahnya. Selain itu pada dakwah Islam melalui Youtube, mahasiswa juga dapat melakukan interaksi dua arah dengan pendakwah melalui kolom komentar yang memungkinkan pemahaman materi menjadi lebih baik, sehingga minat belajar agama menjadi lebih meningkat.
Copyrights © 2022