Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang toko Barika Boutique yang menggunakan media sosial instagram dalam mempromosikan produknya dan telah terbukti meningkatkan omzet penjualanya setiap tahun. Sementara itu secara teoritis, berbagai motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan media sosial Instagram untuk memenuhi kebutuhanya sebagai media promosi secara tepat sehingga dapat mempromosikan produknya pada konsumen sangat penting karena berkaitan dengan kepuasan yaitu omzet yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali: Motif-motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan Instagram @Barika Boutique sebagai media promosi. Penggunaan Instagram sebagai media promosi pada akun @Barika Boutique. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggali motif penggunaan Instagram @Barika Boutique sebagai media promosi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: beberapa motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan Instagram sebagai media promosi yaitu motif informatif, motif pendidikan, dan motif hiburan, dan motif ekonomi, serta 4 alasan manusia menggunakan media yaitu motif untuk pengalihan, hubungan pribadi, identitas pribadi dan monitoring. Penggunaan instagram sebagai media promosi yang dilakukan oleh Barika Boutique yaitu melalui penggunaan beberapa fitur utama dari instagram seperti upload foto video pada feed Instagram, instastory, reels, highlight, direct message.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022