ABSTRAK Fotografi jalanan tidak hanya menceritakan tentang kondisi jalanan yang padat lalu lintas, tetapi juga sebagai pesan persuasif tentang kondisi interaksi sosial manusia. Seorang fotografer bisa menggunakan fenomena kehidupan jalanan untuk beretorika menggunakan pendekatan fotografi. Penelitian ini berfokus pada proses pembuatan pesan oleh fotografer sebagai komunikator dan peminat fotografi sebagai audience. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. menjelaskan bagaimana fotografer menggunakan retorika visual untuk membuat pesan pada fotografi jalanan. Objek penelitian yang digunakan adalah foto jalanan komunitas beku institute. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa foto jalanan merupakan media bagi fotografer untuk menyampaikan pesan kepada khalayak umum. Pemahaman pesan setiap audiens dipengaruhi oleh perspektif latar belakang audiens itu sendiri. Proses pembuatan pesan fotografer dimulai dari menkonstruksi ide, melihat realita sosial dan di interpretasikan menjadi sebuah foto. Foto karya komunitas beku institute bercerita tentang interaksi sosial manusia saat ini. Kata kunci : Fotografi Jalanan(street fotografi), Retorika Visual
Copyrights © 2021