Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era
Vol 2 No 1 (2022): Proceeding of The 2nd Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital

KOMUNIKASI PEMASARAN VISUAL SURATKABAR MELALUI INSTAGRAM

Dony Rano Virdaus (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Instagram adalah media sosial baru yang kini mulai banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam kegiatan marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis semiotika visual sosial yang ditampilkan dalam pemasaran Suratkabar Suratkabar Jawapos Radar Madiun. Peneliti menganalisis secara semiotik 12 pesan visual yang telah didokumentasikan sejak Juni sampai Juli 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi semiotika visual sosial dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu : representasi yang ditampilkan menampilkan tema keceriaan dengan menyajian suasana suratkabar yang aktual; Interaksi dilakukan melalui foto yang medium shot dan dukungan pesan tekstual (call to action, call to think dan call to answer);dan komposisi yang diterapkan adalah dengan menggunakan warna biru dan menjadikan foto dan logo media sebagai komponen minimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ficosis

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era adalah Prosiding untuk memberikan ruang dialog dan pengembangan pemikiran dalam rangka merumuskan isu-isu, perspektif-perspektif, dan metodologi baru dalam rangka mengembangkan keilmuan di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan ...