Kualitas pelayanan memiliki pengaruh besar terhadapkepuasan konsumen, tanpa adanya kualitas pelayanan yang baik padasuatu bisnis kuliner, maka konsumen tidak akan merasa puas sehinggadampak negatif akan muncul terhadap kantin. Kualitas pelayanan inimemiliki banyak dimensi, diantaranya adalah bukti fisik, kehandalanpelayanan, kesigapan pelayanan, kemudahan, komunikasi, kesopansantunan dan pemahaman kebutuhan. Variable tingkat pelayanan (X)mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variablekepuasan(Y). Dalam analisis penelitian ini penulis menggunakanhitungan secara model statistik (SPSS) dengan menggunakan rumusatau formula untuk menjawab, menarik kesimpulan dan membuatkeputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan serta menarikkesimpulan dan mengambil keputusan berdasarkan analisis yang telahdilakukan dengan persamaan regresi Y=2,222 + 0,371X makakoefisien regresi sebesar 0,371 menunujukkan bahwa setiappenambahan tingkat pelayanan sebesar 1 satuan maka akanmeningkatkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 2,593 satuan. Yangartinya tingkat pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasanpelanggan kantin PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di KabupatenMerauke.
Copyrights © 2023