Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 15 No 1 (2023): JEB Vol 15 No 1 Januari 2023

Pengaruh Tingkat Pelayanan Bagi Kepuasan Pelanggan Kantin Pada PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di Kabupaten Merauke

Tjiu, Hendrikus (Unknown)
Elefianto, Achmad (Unknown)
Sereuw, Yohanes (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kualitas pelayanan memiliki pengaruh besar terhadapkepuasan konsumen, tanpa adanya kualitas pelayanan yang baik padasuatu bisnis kuliner, maka konsumen tidak akan merasa puas sehinggadampak negatif akan muncul terhadap kantin. Kualitas pelayanan inimemiliki banyak dimensi, diantaranya adalah bukti fisik, kehandalanpelayanan, kesigapan pelayanan, kemudahan, komunikasi, kesopansantunan dan pemahaman kebutuhan. Variable tingkat pelayanan (X)mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variablekepuasan(Y). Dalam analisis penelitian ini penulis menggunakanhitungan secara model statistik (SPSS) dengan menggunakan rumusatau formula untuk menjawab, menarik kesimpulan dan membuatkeputusan berdasarkan analisis yang telah dilakukan serta menarikkesimpulan dan mengambil keputusan berdasarkan analisis yang telahdilakukan dengan persamaan regresi Y=2,222 + 0,371X makakoefisien regresi sebesar 0,371 menunujukkan bahwa setiappenambahan tingkat pelayanan sebesar 1 satuan maka akanmeningkatkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 2,593 satuan. Yangartinya tingkat pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasanpelanggan kantin PT. Credit Union Sinar Papua Selatan di KabupatenMerauke.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL EKONOMI DAN BISNIS kini hadir sebagai sarana komunikasi ilmiah yang mengkaji berbagai fenomena-fenomena sosial berupa kajian-kajian teori, konsep sosial, hasil penelitian maupun aplikasi sosial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang dibina dan diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu ...