Mukaddimah: Jurnal Studi Islam
Vol. 6 No. 1 (2021): Juni

STRATEGI PEMBELAJARAN PAI SD MELALUI COMPUTER ADAPTIVE INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KESULITAN BELAJAR: Aplikasi Teori Belajar Behavioristik Edward Thorndike

Anisa Fatimah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam proses belajar siswa. Kekurangan motivasi untuk menjalankan aktivitas belajar akan menyebabkan sulitnya tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Seorang guru hendaknya mengetahui karakteristik setiap siswa yang dihadapinya dalam proses pembelajaran. Setelah mengetahui karakter siswanya guru dapat merancang strategi belajar yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar yang disebabkan rendahnya motivasi siswa. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengembalikan motivasi belajar pada siswa yang kesulitan belajar adalah Computer Adaptive Instruction (CAI). Sebagian besar sistem e-learning hanya bertumpu pada penyampain instruksi dengan terbatasnya kegiatan pembelajaran, dengan demikian membuka peluang untuk bisa mengembangan e-learning yang lebih interaktif dengan mempertimbangkan karakteristik anak berkebutuhan khusus yang kesulitan belajar.  Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi pembelajaran yang membantu meningkatkan motivasi belajar siswa berkesulitan belajar dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting dalam teori belajar behavioristik. Metode penelitian adalah studi kepustakaan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi pembelajaran Computer Adaptive Instruction (CAI) merupakan desain pembelajaran individual yang memiliki karakteristik yaitu memerlukan hasil analisis terhadap siswa itu sendiri, alternatif strategi penyajian dan basis data pengetahuan; 2) Berdasarkan perspektif behavioristik, siswa berkesulitan belajar mengalami penurunan motivasi dapat disebabkan oleh minimnya stimulus belajar dari lingkungan siswa, keadaan kognitif, emosi dan psikomotornya yang kurang terkelola dengan baik; 3) Menjadi tantangan bagi guru inklusi untuk merancang desain pembelajaran e-learning dengan trategi pembelajaran Computer Adaptive Instruction (CAI) yang dapat mengakomodir karakteristik siswa berkesulitan belajar. Keyword: Computer Assisted Instruction; Learning Motivation; Students Learning Difficulties

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mukaddimah

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Mukaddimah: Jurnal Studi Islam is a multidisciplinary academic journal published by Kopertais Region 3 Yogyakarta. The article published include Islamic studies that are reviewed from various perspectives, ranging from communication, anthropology, education, economics, sociology, philology, ...