Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika

Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022

Ungan Rika Hastini (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Suriaty Suriaty (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Asyril Asyril (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Jenis Penelitian Ini adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 92 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 6 soal uraian dan wawancara. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan individu, menentukan persentase jumlah siswa berdasarkan tiap kategori kemampuan, menentukan rata-rata kemampuan siswa secara keseluruhan, dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VIII Memiliki Nilai Tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 4. Berdasarkan kategori kemampuan, diperoleh 1 siswa dengan persentase 1,08% pada kategori sangat baik, 12 siswa dengan persentase 13,04% pada kategori baik, 27 siswa dengan persentase 29,34% pada kategori cukup, 33 siswa dengan persentase 35,87% pada kategori kurang, dan 19 siswa dengan persentase 20,65% pada kategori sangat kurang. Berdasarkan butir soal kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar untuk soal nomor 2 tergolong sangat baik, untuk soal nomor 1 dan 4 tergolong cukup, untuk soal nomor 3 dan 5 tergolong kurang, dan untuk soal nomor 6 tergolong sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh rata-rata kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda secara keseluruhan tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 39,92%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...