Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika

Analisis Soal Aritmetika Sosial Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kognitif Dalam Taksonomi

Aji Meldiyani (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Abd. Basir (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Sugeng Sugeng (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal-soal aritmetika sosial pada buku matemtika SMP kelas VII berdasarkan taksonomi bloom revisi. Penelitian ini didasari oleh mengingat tidak sedikitnya guru menggunakan buku teks sebagai sumber belajar siswa, maka soal-soal dalam buku teks haruslah memiliki tingkat kesulitan yang seimbang agar dapat mengukur kemampuan siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman dokumentasi berdasarkan tingkat kognitif taksonomi bloom. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal aritmetika sosial dalam buku siswa matematika kelas VII semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017 yang terdiri dai 74 butir soal memiliki tingkat kognitif dengan persentase sebesar, tingkat mengingat (C1) 0%, tingkat memahami (C2) 4,054%, tingkat mengaplikasikan (C3) 32,432%, tingkat menganalisis (C4) 51,342%, tingkat mengevaluasi 12,162% dsn tingkat mencipta (C6) 0%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebaran tingkat kognitif dalam soal-soal tersebut belum merata dan belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...