Jurnal Pseudocode
Vol 1, No 2 (2014)

PEMETAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALGORITMA K-MEANS

Heri Triluqman Budisantoso (Unknown)
Stefanus Santosa (Politeknik Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2015

Abstract

Abstrak: Pemetaan penggunaan media pembelajaran dapat mengklasifikasikan tingkat motivasi belajar siswa. Pada proses pemetaan pengelompokan dan pengklusteran yang akurat mengenai pemetaan motivasi belajar dapat menentukan parameter berdasarkan masing-masing kluster. Penelitian ini menggunakan K-Means Clustering untuk memetakan motivasi siswa pada media pembelajaran. Terdapat tiga kluster berdasarkan pada tujuh atribut yaitu, kelas, jenis kelamin, perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan rasa puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi rendah dibandingkan nilai tengah adalah ((10,80), (0,35), (1,05), (11,80), (10,80), (8,30), (9,00)). Motivasi yang sebanding dengan nilai tengah adalah ((11,16), (0.26), (16,42), (13,34), (14,24), (9.63), (9.58)). Motivasi tinggi dibandingkan dengan nilai tengah adalah ((11,06), (0.28), (16,56), (13,67), (14,06), (10,19), (10,53)). Hasil evaluasi menggunakan metode index Davies-Bouldin memperlihatkan nilai dibawah 1.689 dari centroid pada tiap kluster. Hal ini berarti menggunakan algoritma K-Means, pemetaan motivasi belajar siswa berada pada kondisi yang baik.Kata Kunci : Multimedia, Motivasi Belajar, K-Means.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pseudocode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Pseudocodeis a scientific journal in the information science family that contains the results of informatics research, scientific literature on informatics, and reviews of the development of theories, methods, and application of informatics engineering science. Pseudocode is published by the ...