Dalam menjalankan tugasnya sebagai penghasil lulusan yang siap kerja dan digunakan oleh industri, tentunya Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) juga harus menerapkannya secara menyeluruh, termasuk juga dalam upaya mengetahui respon atau mendapat masukan dari masyarakat terkait dengan eksistensi UMBY. Sehingga dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana membuat peta analisis sentimen yang berisikan respon/feedback/komentar masyarakat dalam media sosial terkait dengan berbagai hal yang ada di UMBY. Pendekatan yang dilakukan dalam penyelesaian masalah dimulai dari pengumpulan data, preprocessing (cleansing, tokenizing, dan case folding), dan klasifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil sentimen analisis dengan menggunakan tagar #umby diperoleh data tweet sebanyak 179 data. Dengan hasil klasifikasi positif sebanyak 57 data (32%), negatif sebanyak 30 data (17%), dan netral sebanyak 92 data (51%).
Copyrights © 2021