Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak lepas dari interaksi, komunikasi dan hubungan sosial. Dengan adanya keterkaitan hubungan antara satu dengan lainya menghasilkan adanya pola perilaku dalam berbagai bidang, diantaranya adalah perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jiwa kewiruasahaan dan nilai kewirausahaan terhadap pola perilaku sosial kewirausahaan untuk menciptakan kemandirian usaha. Metode yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Sampel dalam penelitian ini 125 pelaku usaha kecil yang terdiri dari 45 pelaku usaha kecil batik Pekalongan. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa jiwa kewirausahaan mempunyai pengaruh secara langsung terhadap perilaku kewirausahaan dan pengaruh tidak langsung terhadap kemandirian usaha. Nilai kewirausahaan mempunyai pengaruh langsung terhadap perilaku sosial kewirausahaan dan juga berpengaruh tidak langsung terhadap kemandirian usaha. Sedangkan perilaku sosial kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kemandirian usaha masyarakat.
Copyrights © 2021