G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 6 No 2 (2022): G-Tech, Vol. 6 No. 2 Oktober 2022

Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli Motor Listrik menggunakan Metode SEM - PLS

Maulana Yusuf (Universitas Sangga Buana)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Sepeda motor listrik adalah kendaraan inovatif yang pengisian dayanya tidak menggunakan bensin sehingga ramah terhadap lingkungan, pengisian daya lebih hemat, dan maintenance lebih murah. Beberapa pertimbangan tersebut menjadikan sepeda motor listrik sebagai solusi dari pencemaran udara dan kelangkaan energi yang terjadi saat ini. Akan tetapi Penjualan sepeda motor listrik sangat rendah dibandingkan penjualan sepeda motor bensin. Maka diperlukan Analisa faktor yang mempengaruhi niat beli masyarakat terhadap motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi, Gaya Hidup dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli motor listrik di Kota Bandung, Jawa Barat. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif dan Analisa data menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM – PLS) dengan sampel 403 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan Nilai R-square sebesar 0,733. Nilai ini menunjukkan bahwa Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko berpengaruh secara simultan terhadap Niat Beli sebesar 73,3%. Dan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar variabel dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...