Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik)
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Agrilink Vol 4 No 2 Agustus 2022

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SUNCO DI ZAM ZAM MART

Laura Juwita Pinem (Universitas Prima Indonesia)
Fahmi Chandradinata Ismy (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkuantifikasi tingkat pembelian minyak goreng Sunco di Zam Zam Mart serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian minyak goreng Sunco di swalayan tersebut.Pemilihan responden sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Samplingdengan jumlah sampel yang diambilditentukan dengan menggunakan teknik slovin.Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian minyak goreng kemasan. Hasil penelitian menunjukkan Nilai F hitung sebesar 16,815 dan F_tabel sebesar 3,16 sehingga F hitung > F_tabel yaitu 16,815 > 3,16 pada α = 0,05. dapat disimpulkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi secara simultan (serentak) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Zam Zam Mart. This study aims to quantify the purchase rate of Sunco cooking oil at Zam Zam Mart and analyze the factors that affect the purchase rate of Sunco cooking oil in the supermarket. The selection of sample respondents was carried out using the Simple Random Sampling technique with the number of samples taken determined using the slovin technique. The resulting data were analyzed using Multiple Linear Regression to identify factors influencing consumer decisions towards purchasing packaged cooking oil. The results showed a calculated F value of 16.815 and a F_tabel of 3.16 so that F counted > F_tabel which was 16.815 > 3.16 at α = 0.05. It can be concluded that the variables of cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors simultaneously (simultaneously) have a significant influence on purchasing decisions at Zam Zam Mart.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrilink

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian adalah sebuah jurnal berkalah ilmiah yang diterbitkan oleh Program Sudi Agribisnis Fakultas Pertanian USI. Jurnal ini meliputi hasil penelitian dan gagasan pemikiran dengan tema-tema sebagai berikut: 1. Manajemen agribisnis 2. ...