Jurnal Communicate
Vol 7, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DITINJAU DARI TEORI MCDM DAN BAURAN PEMASARAN

Ferdian Arie Bowo (Universitas Jayabaya)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Implementasi kebijakan pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan dapat memiliki daya saing dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan nilai tambah agar dapat meningkatkan standar hidup masyarakat dan menjamin keberlangsungan keberadaan sumber daya alam, kehidupan sosial budaya dan ekonomi melalui proses dan sistem pengembangan terpadu. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teori yang menjadi pijakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi dan perumusan implementasi kebijakan dengan mengacu pada Undang‐Undang dan Peraturan Presiden. Dengan adanya tiga kebijakan yang dikeluarkan untuk membantu beberapa sektor yang ada dalam masyarakat, yakni Pertama, Stimulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kedua, Stimulus Non Fiskal yang berkaitan dengan ekspor dan impor. Kebijakan non fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah diharapkan dapat meringankan kegiatan ekspor dan impor disaat pandemi wabah virus covid-19. Ketiga, Stimulus Untuk Sektor Keuangan Terdapat beberapa kebijakan yang dikeluarkan untuk membantu sektor perekonomian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Communicate

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Communicate (JC) is published duo-annually in June and December and aimed to provide research articles in order to have a significant implication to the world of communication. The Journal's primary objective is to bridge the gap between theory and practice in communication studies. Every ...