Implementasi kebijakan pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan dapat memiliki daya saing dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan nilai tambah agar dapat meningkatkan standar hidup masyarakat dan menjamin keberlangsungan keberadaan sumber daya alam, kehidupan sosial budaya dan ekonomi melalui proses dan sistem pengembangan terpadu. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teori yang menjadi pijakan dalam penelitian ini adalah teori kebijakan publik. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi dan perumusan implementasi kebijakan dengan mengacu pada UndangāUndang dan Peraturan Presiden. Dengan adanya tiga kebijakan yang dikeluarkan untuk membantu beberapa sektor yang ada dalam masyarakat, yakni Pertama, Stimulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kedua, Stimulus Non Fiskal yang berkaitan dengan ekspor dan impor. Kebijakan non fiskal yang dikeluarkan oleh pemerintah diharapkan dapat meringankan kegiatan ekspor dan impor disaat pandemi wabah virus covid-19. Ketiga, Stimulus Untuk Sektor Keuangan Terdapat beberapa kebijakan yang dikeluarkan untuk membantu sektor perekonomian.
Copyrights © 2022