Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota meminjam pada Koperasi Karyawan Tirta Dharma. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang menggunakan jasa pinjaman pada pada Koperasi Karyawan Tirta Dharma dengan sampel berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel “purposive sampling”. Adapun metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi yaitu Y = 1.989 + 0,540X. Koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,471, yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel kepuasan dan loyalitas anggota adalah hubungan yang cukup. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R2sebesar 0,222, yang berarti 22,2% loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kepuasan sedangkan sisanya yaitu sebesar 778% loyalitas anggota dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung 27,946 > F tabel 3,94, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas anggota yang dipengaruhi oleh kepuasan.
Copyrights © 2022