DHARMA EKONOMI
Vol 18, No 34 (2011)

KEKUATAN WORD OF MOUTH (WOM ) DALAM STRATEGI PEMASARAN

sb handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2015

Abstract

Konsumen  Indonesia terbilang unik ,dimana keunikan tersebut memberi pertimbangan    bagi  pengusaha dalam membuat strategi pemasaran yang pas untuk mencapai target   yang ada.Salah satu karakter unik ini adalah kebiasaan menjalin hubungan sosial dan berkumpul .  Kebiasaan ini menjadi sarana komunikasi yang efektif dan menguntungkan perusahaan. Salah satu  strategi promosi yang bisa di pilih  adalah    strategi WOM yaitu Word Of Mouth ( promosi dari mulut ke mulut ) dari teman,tokoh,keluarga dan lainnya.WOM bisa dilakukan secara langsung (off line) atau secara on line. Berdasarkan survey konsumen Indonesia yang puas, akan bercerita kepada sekitar 5 hingga 15 orang, tergantung dari jenis produk dan target pasar yang dibidik. Cerita & rekomendasi  dari WOM merupakan promosi gratis   yang menguntungkan bagi perusahaan.Key Word: Strategi Pemasaran, Word Of Mouth (WOM), WOM on line

Copyrights © 2011