Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 7, No 1 (2022)

Studi Deskriptif Kuantitatif Hubungan Antara Kompetensi Strategis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa

Lara Agustin (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Karunia Eka Lestari (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang dilakukan sebagai studi pendahuluan yang dijadikan sebagai dasar untuk merumuskan hipotesis yang berkenaan dengan adanya hubungan antara kompetensi strategis matematis dengan kepercayaan diri siswa. Kompetensi strategis matematis merupakan salah satu kecakapan matematis yang diperlukan dalam pemecahan masalah matematis. Selain saling terkait dengan kecakapan lainnya, seperti pemahaman konseptual, kelancaran prosedural, penalaran adaptif, dan disposisi produktif, kecakapan ini juga diduga terkait dengan aspek afektif yang lain, salah satunya yaitu aspek kepercayaan diri. Untuk memperkuat dugaan tersebut, kompetensi strategis matematis dan kepercayaan diri siswa dideskripsikan menggunakan teknik statistika deskriptif dengan menyajikan sari numerik dan sari grafik dari data. Penelitian ini dilakukan disalah satu SMK di kota Karawang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes dan non tes. Teknis analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi strategis matematis siswa tergolong sedang; (2) siswa memiliki kecenderungan kepercayaan diri yang positif; dan (3) adanya indikasi hubungan yang linier antara kompetensi strategis matematis dan kepercayaan diri.Kata kunci: Deskriptif kuantitatif, kepercayaan diri, kompetensi strategis matematis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...