Jurnal Basicedu
Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682

Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi

Zianidar Zianidar (Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Indonesia di MIN Kota Jambi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tidakan Kelas yang menggunakan metode pre eksperiment dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MIN Kota Jambi subjek yang diteliti adalah siswa kelas 1 MIN Kota Jambi, jumlah siswa dengan komposisi 13 orang siswa laki-laki, 21 orang siswa perempuan dengan demikian sabjek penelitian 34 orang siswa. Hasil analisis data hasil Penerapan pendekatan belajar menggunakan permainan kartu huruf pada siswa kelas I MIN Kota Jambi. semester Ganjil pada tahun pelajaran 2020/2021 dengan adanya perbaikan yang terus dilakukan pada setiap siklusnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa senantiasa mengalami peningkatan setiap siklusnya, yaitu dari 50,00% pada siklus I, naik menjadi 70,60% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 88,23%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...