PPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi siswa belajar geografi secara online di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliya Negeri (MAN) 2 Pontianak. Sumber data penelitian ini diperoleh dari wawancara online dengan enam mahasiswa melalui Whatsapp. Analisis data yang digunakan adalah pengolahan data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Penelitian ini memvalidasi data menggunakan teknik observasi dan triangulasi yang diperluas. Hasilnya, terbukti bahwa motivasi belajar siswa memiliki beberapa karakteristik unik dalam penelitian geografi online. Dengan kata lain, siswa ingin tahu tentang pelajaran geografi dan ingin belajar lebih banyak untuk kepuasan mereka sendiri. Selain itu, motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai tugas, sehingga siswa dapat selangkah lebih maju dari teman sebayanya, sehingga dapat memahami dan belajar dengan baik terlebih dahulu.
Copyrights © 2021