Penelitian disusun dengan tujuan menganalisis dan mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring yang dilaksanakan dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV di SDN Kebayoran Lama Selatan 03. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu meneliti pada kondisi objek secara natural untuk menggambarkan kondisi yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah bahwa proses pembelajaran daring masih belum efektif serta kurang antusiasnya peserta didik karena masih banyak keterbatasan fasilitas pembelajaran, dan pembelajaran daring membuat peserta didik jenuh dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga hasil pembelajaran jauh dari yang diharapkan. Terdapat banyak faktor penghambat mulai dari fasilitas tempat belajar yang masih jauh dari nyaman, media elektronik kurang memadai, kuota internet terbatas begitupun dengan jaringan yang tidak stabil dan kurang antusiasnya orang tua dalam mengawasi peserta didik. Akibat banyak faktor penghambat, membuat peserta didik memiliki faktor pendukung sedikit, salah satu nya adalah support orang tua yang mendampingi proses pembelajaran karna untuk fasilitas masih jauh dari yang diharapkan.
Copyrights © 2022