Jurnal Basicedu
Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467

Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Menggunakan Pojok Literasi di Sekolah Dasar

Taufina Taufina (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Ahmad Zikri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dengan menggunakan pojok literasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developement). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SDN 13 Batang Gasan dan Penyebaran di SDN 01 Batang Gasan. Berdasarkan hasil uji coba Kevalidan dapat dilhat dari validasi isi, bahasa, tampilan, keseluruhan 3,7 dengan kategori sangat valid. Pratikalitas bahan ajar dilihat dari respon pendidik dan respon peserta didik memiliki persentase 89 dengan kategori sangat praktis, sedangkan efektifitas bahan ajar 87,65%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar valid, praktis dan efektif pada kelas IV Sekolah Dasar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...