Penelitian ini membahas tentang sebuah efektivitas aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dalam hal melafalkan huruf vokal pada anak disleksia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada saat melakukan observasi di sebuah sekolah dasar peneliti menemukan seorang anak perempuan berinisial A di kelas III SD yang mengalami kesulitan membaca terutama dalam hal membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keekfektivan aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disleksia. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Desain A–B–A merupakan desain SSR yang memperlihatkan sebuah hubungan sebab akibat antara variabel terikat dengan variabel bebas. Hasil yang didapatkan dari kemampuan anak disetiap kondisi yaitu memperoleh skor 0% pada kondisi (A1). Saat diberikan intervensi skor yang didapat anak pada membaca permulaan dalam hal melafalkan huruf vokal meningkat menjadi 40% dan pada kondisi (A2) diperoleh skor 93%. Dari perbandingan hasil yang didapat dari setiap data mengalami peningkatan. Sehinga dapat dinyatakan bahwa aplikasi marbel berbasis android efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia di SDN 157/III Pendung Mudik Kabupaten Kerinci.
Copyrights © 2022