Jurnal Basicedu
Vol 6, No 1 (2022): February, Pages 1-1500

Analisis Remedial Teaching Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Riska Lestari (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Ika Chastanti (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Dahrul Aman Harahap (Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran remedial adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami kembali pokok bahasan yang telah diajarkan sebelumnya, Rendahnya hasil belajar siswa mengharuskan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran, salah satu caranya yaitu dengan melaksanakan program remedial teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program remedial disekolah tersebut, mengetahui faktor-faktor pendukung beserta  penghambat pelaksanaan program remedial dan mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang nilainya masih belum mencapai standart KKM yang sudah ditentukan dalam pelaksanaan program  remedial mata pelajaran IPA kelas VI UPTD. SDN 03 Pengarungan Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIA, VIB dan VIC. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program remedial yang dilaksanakan disekolah tersebut sudah sesuai dengan konsep yang ditentukan karena konsep dari program remedial adalah untuk memperbaiki nilai yang belum mencapai KKM yang sudah ditentukan.Faktor pendukung yang terdapat disekolah dasar yaitu media,mood siswa dan minat belajar siswa. Terdapat faktor penghambatnya yaitu pemahaman siswa yang berbeda-beda. Ada beberapa siswa yang masih melaksanakan remedial setelah ujian tengah semester.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...