Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran New Normal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha

Noviyana Dwi Dayanti (STABN Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah)
Mujiyanto Mujiyanto (STABN Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah)
Mirrah Megha Singamurti (STABN Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran new normal terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cluwak Kabupaten Pati. 2) mengetahui pengaruh pengawasan orang tua dalam pembelajaran new normal terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cluwak Kabupaten Pati. 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan pengawasan orang tua dalam pembelajaran new normal terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cluwak Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif regresi berganda yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cluwak Kabupaten Pati, dengan responden siswa yang beragama Buddha dari kelas VII-IX. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan analisis data menunjukan bahwa (X1) dan (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel (Y) sebesar 18,4%. Sedangkan sisanya ( 100%- 18,4% = 81,6 % ) dipengaruhi variabel lain diluar bersama regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...