Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis

Rumah Baca Arrosa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Minat Baca pada Masyarakat Terutama Anak-Anak di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat

Kris Dipayanti (Universitas Pamulang)
Bunga Astra Gracia (Universitas Pamulang)
Ahmad Nur Hadi (Universitas Pamulang)
Rian Sri Rahayu (Universitas Pamulang)
Muhammad Musfiq Salami (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mencari alternatif meningkatkan minat baca di masyarakat, khususnya di kalangan sekolah, sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya minat baca. Adanya 3 masalah utama yang menyebabkan kenapa orang Indonesia malas membaca, adalah sebagai berikut : (1) Aksesbilitas buku di Indonesia masih rendah. (2) Masyarakat Indonesia tidak dididik untuk gemar membaca . (3) Harga buku di Indonesia masih tergolong mahal. Solusi untuk mengatasi permasalahan diantaranya adalah sebagai berikut: Para orangtua hendaknya menanamkan budaya baca kepada anaknya sedari kecil, tetapkan target untuk yang kurang gemar membaca dalam waktu tempo yang sudah ditentukan,manfaatkan waktu senggang untuk membaca,sisihkan uang tabungan untuk membeli buku,ikuti kelompok diskusi, diskusi akan membuka wawasan dan cara pandang kita yang akan menuntut kita untuk lebih banyak membaca. Target luaran yang akan dicapai adalah anak-anak dan orang tua, terutama bagi orang tua, menyadari pentingnya meningkatkan belajar dengan cara membiasakan dengan membaca pada anak-anaknya, sehingga ini akan meningkatkan belajar mereka dengan kebiasan membaca. Pada sesi ini pelaksanaan menitik beratkan pada mengarahkan dan memotivasi dengan metode bimbingan, tutorial orang berhasil dan sukses dan ada diskusi untuk memotivasi anak.Kata kunci : Rumah Baca, Minat Baca, Anak-anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAMH

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a scientific multidisciplinary journal is a six-monthly journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating to ...