Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 16 No. 2 (2022): Oktober 2022

PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MOBILE BANKING DI SURABAYA

Widya Wulandari (Universitas Kristen Petra)
Edwin Japarianto (Marketing Management Department, Petra Christian University)
Trixie Nova Bella Tandijaya (Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Perkembangan digitalisasi yang terjadi telah mengubah kebutuhan serta perilaku pelanggan pada saat ini, salah satunya pada sektor Perbankan. Bank merupakan perusahaan dengan fokus yang berorientasi kepada pelanggan dan pihak bank berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menciptakan aplikasi mobile banking yang bisa membantu transaksi perbankan dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dengan melibatkan perceived usefulness, behavioral intention to use dan attitude toward using sebagai variabel intervening pada perilaku konsumen mobile banking di Surabaya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa manfaat kegunaan dari suatu sistem teknologi dapat mempengaruhi minat perilaku penggunaan sistem teknologi tersebut yang disertai dengan sikap penggunaan secara positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...